Sunday 24 March 2013

Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Di zaman sekarang ini, hampir setiap saat kita berinteraksi dengan komputer, baik di bidang perkantoran, pendidikan, organisasi, dan lain sebagainya. Semakin hari teknologi komputer semakin canggih apalagi belum lama ini sudah dikeluarkan versi OS Windows 8 dan semakin populernya keberadaan PC tablet. Masih ingat bukan bagaiman Tips Memaksimalkan Windows 8 pada PC tablet W510 tempo hari?. Terlepas dari semua itu, segala kecanggihan teknologi komputer seperti ini tidak lepas dari perkembangan komputer itu sendiri yang melaju semakin pesat dari waktu ke waktu. Begitu besar manfaat komputer sehingga beberapa diantara kita tidak bisa lepas dari perangkat yang disebut dengan komputer ini. Namun, mungkin tidak ada salahnya jika kita melihat ke belakang bagaimana asal mula dan sejarah komputer dimasa lalu sehingga kita tidak cuma bisa menggunakan saja, melainkan mengetahui sejarah asal usul komputer itu sendiri.

Dari defenisi bebas, secara fisik pengertian komputer adalah seperangkat alat yang minimalnya terdiri atas CPU, Monitor, Mouse dan Keyboard. Sedangkan secara fungsi, pengertian komputer adalah suatu alat yang dapat mengolah data menjadi informasi yang lebih berguna. Apapun itu, pengertian komputer ini tidak baku sebab banyak pihak yang mendefenisikan komputer secara berbeda-beda. Kembali ke Sejarah komputer dan perkembangannya, masa perkembangan komputer dibedakan menjadi beberapa tahap.

Sejarah Komputer

Penemu Komputer

Banyak kabar simpang siur mengenai siapa penemu komputer sebenarnya. Secara luas, ada dua pendapat tentang penemu komputer yaitu: Komputer ditemukan oleh Vincent Atanasoff dibantu oleh rekannya bernama Berry. Keduanya dapat mewujudkan pemuan komputer pertama kali pada tahun 1939 dan penemuan tersebut mereka sebut dengan ABC (Altanasoff-Berry Computer). Di lain pihak, ada juga yang menyebutkan bahwa komputer pertama kali dibuat oleh ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer yang merupakan organisasi kerja sama atas pemerintah AS dengan Universitas Pennsylvania. Komputer pertama hasil ciptaan ENIAC terdiri dari 18 ribu tabung vakum, 70 ribu transistor, 5 juta titik solder, dan membutuhkan daya sebesar 160 ribu Watt.

Perkembangan Komputer

Generasi Pertama

Perkembangan komputer generasi pertama dimulai pada era tahun 1940an sampai dengan tahun 1950an yang ditandai dengan ditemukannya komputer yang menggunakan tabung vakum. Pada masa itu bentuk komputer masih sangat besar karena menggunakan tabung vakum tersebut. Pada akhir tahun 1950an mulai ditemukan transistor menggantikan model tabung vakum.

Generasi kedua

Perusahaan IBM menciptakan superkomputer yang memiliki nama Stretch. Sedangkan Sprery-Rand menciptakan komputer bernama LARC. Keduanya sudah sanggup menyelesaikan pemrosesan sejumlah data cukup besar. Ciri khusus komputer generasi kedua adalah penggunaan bahasa Assembly berbentuk bilangan-bilangan binner menggantikan bahasa mesin. Komputer generasi kedua ini dimulai tahun 1960an dan penemuan komputer tersebut digunakan untuk sektor pendidikan di universitas, bisnis, dan pemerintahan. Komputer generasi kedua sudah bisa diintegrasikan dengan perangkat peripheral seperti disket, memori, printer, dan lainnya.

Generasi ketiga

Mekipun transistor sudah banyak dipakai dan terbukti mampu melampaui kelebihan tabung vakum tetapi efeknya menghasilkan panas berlebih. Untuk mengatasi masalah ini maka Jack Kilby mengembangkan IC atau Integrated Circuit pada tahun 1958. Alhasil, keberadaan IC mampu mengurangi panas berlebih dan dianggap sebagai era kemunculan komputer generasi ketiga. Ciri-ciri komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan Sistem Operasi yang dapat menjalankan sejumlah program berbeda secara bersamaan.

Generasi keempat

Setelah kemunculan IC tidak membuat perkembangan komputer terhenti. Karena ukuran IC pada saat itu masih terbilang besar, maka ukuran IC pun diperkecil dan menghasilkan alat yang disebut dengan Large Scale Integrtion dan Very Large Scale Integrtion, serta Ultra Large Scale Integration yang dapat memuat jutaan komponen dalam satu perangkat yang lebih kecil. Penemuan tersebut menghasilkan Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.

Sejak dari perkembangan komputer generasi keempat ini terlahir komputer-komputer yang lebih kecil dan memiliki kemampuan kompleks. Hal ini juga menjadi cikal bakal lahirnya laptop, notebook, netbook, dan istilah-istilah lain yang menggambarkan komputer berdasarkan ukuran dan fungsinya. Sampai pada hari ini banyak ditemukan PC Tablet yang memiliki kempuan sama namun lebih portabel dan fleksibel, misalkan tablet Acer bernama Iconia PC tablet dengan Windows 8, memiliki ukuran kecil tetapi punya kemapuan dan manfaat sangat besar untuk segala kalangan.

Related Posts

Sejarah Komputer dan Perkembangannya
4/ 5
Oleh